Join the millions that use us for their forum communities. Create your own forum today.
InvisionFree - Free Forum Hosting
Welcome to KAT-TUN INDONESIA. We hope you enjoy your visit.


You're currently viewing our forum as a guest. This means you are limited to certain areas of the board and there are some features you can't use. If you join our community, you'll be able to access member-only sections, and use many member-only features such as customizing your profile, sending personal messages, and voting in polls. Registration is simple, fast, and completely free.


Join our community!


If you're already a member please log in to your account to access all of our features:

Name:   Password:


 

 Megaupload, PIPA, dan SOPA
despygurl
Posted: Jan 20 2012, 11:03 PM


Girls
Group Icon

Group: Moderator
Posts: 1,104
Member No.: 2
Joined: 28-December 10



Seperti yang telah diberitakan, salah satu situs file-sharing terbesar, yang juga tempat uploader KaDo menyimpan beberapa file download-an, Megaupload telah dipaksa offline oleh FBI dan Departemen Kehakiman AS.

Megaupload dituduh telah melakukan pelanggaran hak atas kekayaan intelektual. Pemerintah AS menuduh, Megaupload telah menyebabkan kerugian sebesar 500 juta dollar (kurang lebih 4,468 triliun rupiah).

Beberapa pendiri MU, Kim Dotcom (yang sebelumnya dikenal sebagai Kim Schmitz) dan Mathias Ortmann telah dibekuk oleh Departemen Kehakiman AS di Auckland, New Zealand bersama dua pegawai lainnya atas permintaan pejabat AS. Dengan begitu ada tiga orang lagi yang masih buron.

Tuduhan yang diberikan antara lain adalah konspirasi dalam melakukan pemerasan, pelanggaran hak cipta, dan pencucian uang.

Pengadilan federal di Virginia, AS meminta 18 nama domain (yang ada di Virginia) yang berasosiasi dengan kantor yang berlokasi di Hong Kong agar segera disita.
Departemen Kehakiman AS berkata bahwa lebih dari 20 surat perintah penangkapan telah dieksekusi di 9 (bagian) Negara, dan kurang lebih asset bernilai 50 juta dolar telah disita.

Pengumuman ini (Pemilik MU dan MU yang telah dipaksa shutdown) disebarkan sehari setelah lebih dari seribu website ambil bagian dalam kegiatan “blackout” dalam rangka protes menolak RUU SOPA (Stop Online Piracy Act) dan PIPA (Protect Intellectual Property Act).

Departemen Perdagangan AS telah membela undang-undang yang diusulkan dan berkata bahwa badan-badan penegak hukum “kekurangan alat” untuk menerapkan hukum kekayaan intelektual yang ada di dunia digital secara efektif.
Para pengamat industri mengusulkan agar langkah terbaru ini bisa dilempar ke dalam arena perdebatan yang lebih luas.

“Tidak ada satupun dari RUU tersebut yang ada progress (untuk disahkan) – mereka (RUU tersebut) membutuhkan revisi yang lebih jauh. Tapi nampaknya para pejabat menganggap telah mampu untuk menggunakan alat-alat yang telah ada untuk mengejar bisnis-bisnis yang diduga ada hubungannya dengan pembajakan,” kata ahli distribusi media Gartner, Mike McGuire.



SOPA dan PIPA

PIPA (Protect Intellectual Property Act) juga dikenal sebagai Senat Bill 968 atau S.968 adalah undang-undang yang diusulkan dengan tujuan untuk memberikan pemerintah AS dan pemegang hak cipta alat tambahan untuk membatasi akses ke “website yang mendedikasikan dirinya untuk hal-hal yang berhubungan dengan pelanggaran atau barang-barang bajakan”, terutama situs-situ yang berada di luar AS.

RUU ini dikenalkan pada tanggal 12 Mei 2011 oleh senator Patrick Leahy dan 11 simpatisannya. Komite Kehakiman Kongres menyetujui RUU ini, tetapi Senator Ron Wyden memilih untuk meng-holdnya.
PIPA sebenarnya adalah penulisan ulang dari COICA (Combating Online Infringement and Counterfeits Act), yang gagal disetujui pada tahun 2010.


SOPA (Stop Online Piracy Act) RUU DPR AS untuk memerangi kegiatan perdagangan barang-barang yang memiliki hak cipta dan bajakan secara online. Proposalnya meliputi pembatasan fasilitas jaringan iklan dan pembayaran dari bisnis dengan website yang diduga melanggar, membatasi mesin pencari dari linking ke situs-situs yang melanggar tersebut, dan meminta ISP untuk mem-blok akses ke situs tersebut. RUU tersebut akan menganggap streaming dari suatu konten (yang memiliki hak cipta) sebagai tindakan kriminal, dengan hukuman penjara maksimal selama lima tahun.

User-content website seperti youtube akan benar-benar terpengaruh dan beberapa berkata bahwa mereka (youtube) harus down kalau RUU ini menjadi suatu UU yang telah disahkan. Para lawan berkata bahwa legislasi seharusnya memungkinkan penegakan hukum untuk menghapus seluruh domain internet karena suatu (yang melanggar RUU) diposting pada suatu blog*, dengan alasan bahwa seluruh komunits online tersebut bisa dihukum hanya karena kesalahan yang dilakukan oleh segelintir orang di komunitas itu.

Para Pelobi yang menggantungkan pendapatan mereka pada kekayaan hak cipta berkata bahwa RUU ini bisa melindungi pasar, industri, pekerjaan, dan pendapatan mereka. Presiden dan para legislator berkata bahwa RUU ini bisa membunuh inovasi. Perwakilan dari Asosiasi Perpustakaan Amerika berkata bahwa perubahan tersebut bisa mendorong penuntutan untuk kriminal perpustakaan. Lawan lainnya berkata bahwa dibutuhkan mesin pencari untuk menghapus nama domain dan memulai perang mendunia yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk menyensor website-website dan melanggar Amandemen pertama.

Pada tanggal 18 Januari lalu, Wikipedia Inggris, Reddit, dan beberapa website lainnya melakukan aksi “blackout” sebagai bentuk protes terhadap SOPA dan PIPA. Website caliber lainnya, Google, menampilkan link di bawah kotak pencariannya dan mengeblok logo utamanya dengan tujuan untuk mengingatkan penggunanya. Sekitar 7000 website kecil lainnya melakukan aksi “blackout” atau menampilkan link berupa pesan protes di halaman utama mereka.

Pendukung RUU SOPA dan Protect IP antara lain MPAA, perusahaan farmasi besar, American Federation of Musicians, Screen Actors' Guild dan beberapa badan dan organisasi lainnya.

Website yang menentang RUU ini: Mozilla (organisasi yang membuat Firefox),Reddit (sebuah situs warta bersifat social sharing) dan OMG!Ubuntu! (blog mengenai Ubuntu dan Linux secara umum) menghitamkan logo-logo mereka sebagai bentuk pemprotesan.

Selain Mozilla, Reddit dan OMG!Ubuntu!, Google, Wikimedia (yayasan yang mendukung Wikipedia dan situs adik lainnya secara finansial), Facebook dan Twitter juga menentang RUU ini.


Sumber: 1,2,3, 4

-----

Keterangan:
[*] misalnya website yang mempunyai nama domain: www.youtube.com atau www.blogger.com yang di dalam keduanya memiliki berjuta-juta anggota yang memiliki hak akses sendiri, namun masih dipantau oleh main-domain-nya (youtube.com atau blogger.com). Jika salah satu dari user youtube atau blogger mereka melakukan pelanggaran seperti yang diduga ole RUU SOPA di atas, maka youtube atau blogger beserta seluruh isi (baca:seluruh user yang terdaftar) akan dianggap bersalah dan dikenai hukuman.
Top
DealsFor.me - The best sales, coupons, and discounts for you

Topic Options


Skin created by DrkSnpr14. More custom skins at Drk Designs

Hosted for free by InvisionFree* (Terms of Use: Updated 2/10/2010) | Powered by Invision Power Board v1.3 Final © 2003 IPS, Inc.
Page creation time: 0.2168 seconds | Archive
Hyphens Kat-tun | Create Your Badge

Affiliasi : Photobucket Photobucket Photobucket

Photobucket Photobucket Photobucket

Free Image Hosting at www.ImageShack.us

Website counter